Saat Promosi Jalur Cheng Ho Bikin Hati Runtuh Berkeping-keping

Saat Promosi Jalur Cheng Ho Bikin Hati Runtuh Berkeping-keping
Ilustrasi. Foto: dok/JPG/JPNN.com

jpnn.com - SEMARANG - Perayaan 611 tahun Laksamana Cheng Ho di Klenteng Sam Poo Kong Gedung Batu dan Tay Kak Sie Gang Pinggir, Semarang berlangsung heboh. 

Antusiasmenya terlihat ketika ribuan orang, Minggu (31/7) pagi-pagi, sudah arak-arakan sepanjang enam kilometer.

Mereka mengenakan baju-baju oriental, wajah dicoreng-moreng. Bayangkan...sejak pukul 02.00 WIB mereka sudah persiapan untuk aneka kostum itu. 

Semua unsur masyarakat pun ikut meramaikan peristiwa budaya dan sejarah yang setiap tahun diperingati dan menjadi agenda tetap di Kota Lumpia. Prosesi arak-arakan sendiri berlangsung meriah, menghibur dan tidak meninggalkan kesan ritualnya. 

Sebelumnya, Sabtu, 30 Juli, acara difokuskan di Sam Poo Kong. Dri pentas seni, budaya, bazar, sampai pesta kembang api pukul 00.00 WIB. Ribuan orang berjubel, datang dan pergi di halaman besar Sam Poo Kong itu. Di Tay Kek Sie yang sempit di Gang Lombok, juga ada doa dan pentas seni dari pukul 07.00 sd 00.00 WIB.

Sedangkan Minggu pagi, 31 Juli 2016, prosesi arak-arakan berlangsung ramai. Mereka berjalan kaki sejak pukul 05.00 WIB dari Klentheng Tay Kak Sie Gg. Lombok - Gg. Warung - Jl. Kranggan Timur - Jl. Kranggan Barat - Jl. Depok - Jl. Pemuda - Tugu Muda - Jl. MGR Sugijopranoto - Taman Madukoro - Jl. Bojongsalaman - Jl. Simongan - Klentheng Sam Poo Kong. Sorenya, pulang naek mobil Pukul 13.00 WIB dari Klentheng Sam Poo Kong - Jl. Simongan - Jl. Bojongsalaman - Taman Madukoro - Jl. Indraprasta - Jl. Piere Tendean - Jl. Pemuda - Jl. Gajahmada - Jl. Kranggan Barat - Jl. Kranggan Timur.

Lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki dari Jl. Beteng - Jl. Wotgandul Barat - Jl. lnspeksi - Jl. Sebandaran I - Jl. Wotgandul Timur - Gg. Baru - Gg.  Cilik - Gg. Gambiran - Gg. Pinggir - Klentheng Tay Kak Sie. 

“Tradisi ini sudah lama, dari tahun ke tahun, dan masyarakat mengapresiasi dengan baik,” kata Harry Untoro Drajad, Staf Ahli Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata RI yang ikut dalam proses itu.

SEMARANG - Perayaan 611 tahun Laksamana Cheng Ho di Klenteng Sam Poo Kong Gedung Batu dan Tay Kak Sie Gang Pinggir, Semarang berlangsung heboh. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News