Kecewa karena Banyak Menteri 'Berwajah Ganda'

Kecewa karena Banyak Menteri 'Berwajah Ganda'
Kecewa karena Banyak Menteri 'Berwajah Ganda'

jpnn.com - JAKARTA - Pol-Tracking Institute mengungkapkan tingginya hasil survei ketidakpuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono disebabkan oleh 'wajah ganda' presiden dan para menterinya. Menurut Direktur Eksekutif Pol-Tracking Institute Hanta Yuda, wajah ganda yang dimaksud adalah presiden para menteri memegang peran ganda sebagai pengurus negara dan pengurus partai.

"Hal ini semakin mengkhawatirkan jelang Pemilu 2014. Akan dipertanyakan loyalitas para menteri dan Presiden pada pemerintahan atau pada partainya," ujar Hanta dalam diskusi  'Evaluasi Publik 4 Tahun Kinerja Pemerintah & DPR' di Jakarta Pusat, Minggu (20/9).

Menurut Hanta, saat ini dari 19 menteri di Kabinet Indonesia Bersatu II empat di antaranya adalah ketua umum partai. Di antaranya Menakertrans Muhaimin Iskandar yang menjadi ketua umum PKB, Menteri Agama Suryadharma Ali yang merajai PPP, dan Menko Perekonomian Hattaa Rajasa yang memimpin PAN. Sedangkan Presiden SBY menjabat sebagai ketua umum Partai Demokrat.

Ini, kata dia, belum ditambah dengan 10 menteri dari unsur partai yang turut maju sebagai calon anggota legislatif saat pemilu nanti. Di sisa masa pemerintahan ini, diharapkan para menteri dan Presiden berkomitmen menyelesaikan tugas mereka lebih dulu dibanding menyisakan masalah di pemerintahan selanjutnya.

"Dengan posisi ganda itulah konsentrasi para menteri termasuk Presiden ini menjadi dipertanyakan. Dikhawatirkan konsentrasi mereka terpecah antara urusan partai dan urusan negara," kata Hanta. (flo/jpnn)

JAKARTA - Pol-Tracking Institute mengungkapkan tingginya hasil survei ketidakpuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Presiden Susilo Bambang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News