Kecupan Abah Ma'ruf untuk Cucu

Kecupan Abah Ma'ruf untuk Cucu
KH Ma'ruf Amin dan Bu Nyai Wury Estu Handayani saat didatangi salah satu cucunya, Zaituna. Foto: TKN Jokowi - Ma'ruf

jpnn.com, JAKARTA - Bocah berusia kurang dari tiga tahun (batita) tampak berlari-lari di ruang tamu rumah KH Ma’ruf Amin di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (7/1). Tanpa sungkan sembari memegangi makanan, bocah bernama Zaituna itu berlarian di ruangan tempat tokoh yang akrab disapa dengan panggilan Abah itu biasa menerima tamu-tamunya.

Zaza - panggilan sayang untuk Zaituna- adalah cucu Kiai Ma’ruf Amin dari putsi bungsunya, Siti Haniatun Nisa. Saat itu, calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko Widodo itu baru aja melepas tamunya, Katib Aam PB Nadhatul Ulama (NU) KH Yahya Cholil Staquf.

Istri Kiai Ma’ruf, Wury Estu Handayani juga ada di ruangan itu. "Sini salim sama kakek dan nenek," ucap Wury yang lebih akrab disapa dengan panggilan Bu Nyai.

Kiai Ma’ruf pun menimpali. "Wah makan sendiri, nih," ucapnya dengan wajah ceria.

Dengan mulut masih penuh makanan, Zaza mendekati Kiai Ma'ruf. Setelah salim, Zaza langsung dipeluk kakeknya.

Ketua umum nonaktif Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu lantas mencium kening dan pipi bocah yang baru berusia 2,5 tahun tersebut.

Kunjungan Zaza membuat Kiai Ma’ruf dan Bu Nyai Wury tampak happy. Maklum, belakangan ini Kiai Ma’ruf amat sibuk dengan berbagai agenda.

Padahal, Kiai Ma’ruf punya keluarga besar. Putra dan putrinya telah dikaruniasi 16 cucu.

Kiai Ma'ruf Amin tampak senang ketika dikunjungi cucunya, Zaituna alias Zaza yang masih berusia 2,5 tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News