Kedubes AS Diteror Bom

Kedubes AS Diteror Bom
Kedubes AS Diteror Bom

jpnn.com - JAKARTA -- Sebuah benda mencurigakan berupa kotak tempat penyimpangan kunci mobil warna abu-abu ditemukan di pinggir tembok samping jalan di bawah jalan layang, dekat Kantor Kedutaan Besar Amerika, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (5/12) pukul 15.00. Benda itu ditemukan pertama kali oleh Sauri (20) dan Baini (25) yang berprofesi sebagai pedagang kopi kelling.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengatakan, menurut keterangan saksi saat tengah berjualan kopi melihat sebuah kendaraan bak sampah jenis kijang berhenti di Tempat Kejadian Perkara untuk mengangkut kardus bekas. "Nomor polisinya saksi tidak ingat," kata Rikwanto, Kamis (5/12).

Lima menit kemudian, kendaraan itu meninggalkan TKP. Lantas, saksi melihat ada sebuah kotak tempat penyimpanan kunci.

Menurutnya, saksi Sahuri sempat membuka kotak tersebut dan melihat di dalamnya ada benda panjang sekitar 20 meter dilapis lakban kuning. "Ada kabel warna kuning biru dan merah," terang Rikwanto.

Karena curiga, kata Rikwanto, saksi melaporkan hal itu kepada Briptu Silaban dari Kesatuan Satuan Brimob Daerah Polda Metro Jaya yang sedang berjaga di Kedubes AS itu. "Polisi langsung mengamankan TKP," katanya.

Rikwanto menambahkan, pada pukul 16.00 sepuluh personel dari Tim Gegana Polda Metro Jaya tiba di TKP.

"Kemudian dilakukan tindakan riging dengan tali guna memindahkan kotak atau benda tersebut dan dilakukan X-Ray satu kali," ujarnya.

Menurut Rikwanto, diketahui di dalam kotak ada rangkaian detonator dan akan dicerai-beraikan terlebih dahulu dengan discruptor.

JAKARTA -- Sebuah benda mencurigakan berupa kotak tempat penyimpangan kunci mobil warna abu-abu ditemukan di pinggir tembok samping jalan di bawah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News