Kedubes Asing Pasang Bendera Setengah Tiang untuk Habibie

Kedubes Asing Pasang Bendera Setengah Tiang untuk Habibie
BJ Habibie. Foto: JPNN.Com/Dedi Yondra

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah kedutaan besar (Kedubes) negara asing untuk Indonesia turut mengibarkan bendera setengah tiang sebagai tanda berkabung atas kepergian Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie.

Berdasarkan pantauan ANTARA, bendera setengah tiang tampak di Kedutaan Besar Prancis, di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis siang. Bendera triwarna biru, putih, merah milik negara Prancis dikibarkan setengah tiang berdampingan dengan bendera biru dengan simbol bintang yang melingkar milik Uni Eropa.

Masing-masing bendera tersebut terlihat diikat di bagian tengahnya sehingga kain bendera menempel ke tiang dan tidak berkibar.

“Untuk melepas kepergian Presiden ke-3 RI, B.J. Habibie, #KedubesPrancis mengibarkan bendera setengah tiang selama 3 hari berkabung nasional yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia,” tulis akun resmi Kedubes Prancis dalam cuitan di Twitter.

Selain Kedubes Prancis, Kedubes Jerman dan Kedubes Jepang juga mengibarkan bendera setengah tiang sebagai bentuk penghormatan untuk Habibie.

Di Kedubes Jerman yang berlokasi di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, bendera negara dipasang setengah tiang berdampingan dengan bendera Uni Eropa.

“Ya, kami memasang bendera setengah tiang mulai tadi pagi sampai tiga hari ke depan,” kata petugas keamanan di Kedubes Jerman yang berjaga.

Masih di bilangan MH Thamrin, tampak di Kedubes Jepang terpasang bendera Hinomaru dikibarkan setengah tiang yang terlihat jelas dari luar lingkungan gedung. (ant/dil/jpnn)

Sejumlah kedutaan besar (Kedubes) negara asing untuk Indonesia turut mengibarkan bendera setengah tiang sebagai tanda berkabung atas kepergian Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News