KEIN Dorong Startup Indonesia Jadi Kelas Dunia

KEIN Dorong Startup Indonesia Jadi Kelas Dunia
Ketua KEIN Soetrisno Bachir dalam Dialog Ekonomi Umat: Tantangan Berwirausaha di Era Industri 4.0 yang diselenggarakan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Sumatera Selatan di Palembang, Sabtu (30/3). Foto: Istimewa

jpnn.com, BENGKULU - Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir mendorong generasi milenial membangun startup (perusahaan rintisan) yang mampu mengangkat produk nasional menjadi kelas dunia.

"Seiring komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) melahirkan startup kelas dunia dan dunia usaha yang bersedia mengalirkan pendanaan bagi startup yang memiliki prospek di masa depan," kata Soetrisno Bachir di hadapan 1.500 peserta Seminar Nasional bertemakan “Kewirausahaan Generasi Milenial dalam Menyongsong Era Revolusi 4.0” di Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Bengkulu, Selasa (10/4).

Soetrisno menerangkan, kemajuan teknologi informasi membuka lapangan usaha baru yang berbasis digitalisasi. Bidang usaha perdagangan yang disebut dengan perdagangan online (ecommerce) mendominasinya. Startup yang familir dengan kalangan generasi muda, lanjut dia, adalah industri ekonomi kreatif. Digitalisasi makin membuat sektor-sektor seperti arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, film dan animasi, fotografi, kriya, kuliner, musik, fashion, aplikasi, seni pertunjukan, dan seni rupa makin inovatif dan kreatif.

Baca juga: KEIN Ajak Pondok Pesantren jadi Pelopor Ekonomi Kerakyatan

“Sektor-sektor ini makin inovatif dan kreatif dan berbasis dari kearifan lokal. Ini bagus sehingga produk lokal akan makin dikenal dunia,” kata Ketua KEIN, yang berlatar belakang pengusaha ini.

Soetrisno menyarankan pada generasi milenial agar sektor-sektor usaha yang digelutinya dapat menjadi suatu industri. Sebab, industri akan membuka banyak lapangan kerja, mengurangi angka pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mengenai modal yang biasanya menjadi permasalahan bagi kalangan pelaku usaha mikro dan kecil (UMK), dia menjelaskan sekarang ini bukan permasalahan lagi. Pemerintah sudah menggulirkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga hanya 7 persen dan perluasan akses pasar.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), menurut Soetrisno, memberikan ruang besar bagi generasi milenial untuk mengembangkan startup-nya menjadi kelas dunia. Bahkan pemerintah akan membentuk perusahaan modal ventura untuk membantu startup mengembangkan dirinya. Disisi lain, sejumlah BUMN maupun pelaku usaha swasta turut mendukung pendanaannya dengan harapan agar usaha rintisan ini mampu mencengkramkan usahanya hingga mancanegara.

Baca juga; Jokowi Setuju Kebijakan Afirmatif Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan

KEIN mendorong generasi milenial membangun startup (perusahaan rintisan) yang mampu mengangkat produk nasional menjadi kelas dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News