Keindahan Pengunungan dan Kopi Robusta Sanggabuana, Hasil Pemberdayaan Desa BRILiaN

Keindahan Pengunungan dan Kopi Robusta Sanggabuana, Hasil Pemberdayaan Desa BRILiaN
Desa BRILiaN Mekarbuana berada pada sebuah desa yang terletak di paling atas di Pegunungan Sanggabuana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang. Foto: dok BRI

jpnn.com, JAKARTA - Identitas Kota Karawang sebagai salah satu pusat pertanian padi terbesar di Indonesia ternyata tidaklah salah, karena secara geografis dikelilingi oleh persawahan.

Namun, ternyata kota ini juga mempunyai pertanian kopi dengan produk khas di dalamnya.

Desa BRILiaN Mekarbuana berada pada sebuah desa yang terletak di paling atas di Pegunungan Sanggabuana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang.

Terletak sekitar 42 kilometer dari pusat Kota Karawang dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 42 menit dan jalan berliku dan naik-turun membuat penduduk di desa bernama Mekarbuana ini tak memungkinkan untuk bertani padi.

Kondisi ini juga memiliki potensi besar dalam mengembangkan mata pencaharian lainnya, misalnya, terdapat belasan hingga puluhan destinasi wisata di desa ini, mulai dari kuliner, wisata alam, hingga arena berkemah.

Tak ayal desa ini lebih dikenal sebagai desa Agro-Ecowisata.

Kepala Desa Mekarbuana Jaji Maryono menceritakan sejak 2021 terdaftar sebagai Desa BRILiaN, desa ini mengandalkan komoditas unggulan khas lokal mulai dari durian, manggis, alpukat, petai hingga jengkol.

Ada satu produk yang langsung membawa desa ini berprestasi dalam penganugrahan Desa BRILiaN Terbaik 2021 di Jakarta yakni hasil olahan kopi.

Desa BRILiaN Mekarbuana berada pada sebuah desa yang terletak di paling atas di Pegunungan Sanggabuana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News