Keistimewaan Upacara HUT Kemerdekaan RI di Negeri Kiwi

Keistimewaan Upacara HUT Kemerdekaan RI di Negeri Kiwi
Dubes RI untukSelandia Baru Tantowi Yahya saat menyerahkan Bendera Merah Putih untuk dikibarkan pada upacara peringatan Detik-detik Proklamasi di KBRI Wellington, Jumat (17/8). Foto: KBRI Wellington for JPNN

jpnn.com, WELLINGTON - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Wellington, Selandia Baru menggelar upacara peringatan Detik-detik Proklamasi, Jumat (17/8). Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-73 kemerdekaan Republik Indonesia di Negeri Kiwi itu dipimpin langsung oleh Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya di kompleks KBRI yang berlokasi di 70 Glen Road, Kelburn, Wellington.

Yang istimewa, KBRI Wellington menjadi yang pertama dalam merayakan peringatan Detik-detik Proklamasi. Batas penanggalan internasional membuat KBRI Wellington lebih awal dari sisi waktu ketimbang perwakilan ataupun kedutaan besar RI di negara lain.

"Alhamdulillah, upacara bendera tadi pagi berlangsung lancar dan hikmat diikuti oleh kurang lebih 100 orang warga Indonesia yang tinggal di Wellington dan sekitarnya. Meski ini bukan hari libur tapi animo masyarakat Indonesia tetap tinggi,” ujar Tantowi sebagaimana siaran pers KBRI Wellington.

Mantan pimpinan Komisi Intelijen dan Luar Negeri DPR itu menambahkan, saat ini di Selandia Baru terdapat sekitar 7.000 warga negara Indonesia (WNI). Ada yang bekerja, ada pula yang tengah menimba ilmu.

Keistimewaan Upacara HUT Kemerdekaan RI di Negeri Kiwi

Upacara itu juga diikuti perwira TNI dan Polri. Bahkan, komandan upacaranya seorang perwira menengah TNI Angkatan Udara.

“Mereka ini anggota TNI dan Polri yang sedang jadi mahasiswa di sini (Wellington, red),” tutur Tantowi yang sudah dua kali memimpin peringatan HUT RI di KBRI Wellington.

Peringatan kemerdekaan RI pun tak lengkap tanpa perlombaan dan pertandingan. Oleh karena itu, KBRI Wellington mengelar beragam pertandingan demi memeriahkan HUT RI sekaligus meningkatkan tali silaturahmi antar-warga Indonesia si Selandia Baru.

KBRI Wellington menjadi yang pertama dibanding perwakilan ataupun Kedubes RI lainnya dalam upacara peringatan Detik-detik Proklamasi hari ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News