Kejagung Jebloskan Tersangka Korupsi Proyek Buku Agama Buddha

Kejagung Jebloskan Tersangka Korupsi Proyek Buku Agama Buddha
Kejagung Jebloskan Tersangka Korupsi Proyek Buku Agama Buddha

jpnn.com - JAKARTA - Kejaksaan Agung menahan tiga tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan buku agama Buddha di Kementerian Agama (Kemenag) tahun anggaran 2012. Ketiga tersangka itu berasal dari pihak swasta, yakni Direktur CV Samoa Raya Samson Sawangin, Direktur CV Kurnia Jaya Edi Sriyanto, dan seorang lainnya bernama Wilton Nadea.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Tony Tribagus Spontana menjelaskan ketiga tersangka ditahan mulai hari ini (19/3) hingga 20 hari ke depan. "Ini untuk kepentingan penyidikan," katanya di Kejagung.

Sedangkan dua tersangka dalam kasus itu masih belum ditahan. Yakni mantan Direktur pada Direktorat Jenderal Pembinaan Masyarakat Budha Kemenag A Joko Wiryanto dan Direktur Urusan Pendidikan Agama Budha Kemenag Heru Budi Santoso.

Kelimanya‎ telah ditetapkan sebagai tersangka pada 25 September 2014 terkait proyek senilai Rp 7,2 miliar itu. Kelima tersangka dijerat pasal 2 dan 3 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Jaksa menduga ada dua penyimpangan dalam proyek itu. Yakni rekayasa tender untuk memenangkan pihak tertentu dan penggelembungan (mark-up) harga barang.(boy/jpnn)
 


JAKARTA - Kejaksaan Agung menahan tiga tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan buku agama Buddha di Kementerian Agama (Kemenag) tahun anggaran 2012.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News