Kejagung Kini Lebih Dipercaya Publik Ketimbang KPK, Kok Bisa?

Kejagung Kini Lebih Dipercaya Publik Ketimbang KPK, Kok Bisa?
Ilustrasi Kejaksaan Agung. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menyatakan Kejaksaan Agung (Kejagung) kini menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya masyarakat dalam hal penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.

Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi menyebut biasanya tingkat kepercayaan publik pada Kejagung berada paling bawah.

Akan tetapi, dalam survei terbaru lembaga itu, Korps Adhyaksa kini berhasil mengalahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kejaksaan awalnya di antara lembaga penegak hukum paling rendah, sekarang paling tinggi. Ini trennya," kata Burhanuddin Muhtadi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (4/1).

Dari survei Indikator Politik Indonesia, KPK pernah berada di posisi dua sebagai lembaga penegak hukum paling dipercaya publik.

KPK bahkan sempat mengalahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pihak paling dipercaya publik. Namun, kini kondisi itu agak menurun.

Dalam survei Indikator Politik Indonesia, sebanyak 77,2 persen responden sangat percaya dan percaya terhadap Kejagung dalam penegakan hukum.

Setelah Kejagung, posisi kedua dalam survei itu ditempati oleh KPK dengan perolehan 72,5 persen responden dan Polri di posisi ketiga dengan 62,9 persen.

Kejagung kini lebih dipercaya publik dibanding KPK dan Polri dalam hal penegakan hukum, termasuk soal pemberantasan korupsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News