Kejar Laba, Pertamina Lego Patra Jasa

Kejar Laba, Pertamina Lego Patra Jasa
Kejar Laba, Pertamina Lego Patra Jasa
JAKARTA -  PT Pertamina (Persero) akhirnya melego salah satu asetnya PT Patra Jasa. Keputusan ini ditempuh Pertamina guna menutup kekurangan target laba bersih yang dipatok pemeritah ke perusahaan itu sebesar Rp 16,2 triliun.

Sebelumnya perusahaan minyak di bawah kepemimpinan Karen Aguatiawan itu telah mengusulkan penurunan target laba dari sebelumnya sekitar Rp 20 triliun menjadi Rp 13,3 triliun. Tapi sayang, permintaan itu belum dikabulkan pemeritah, hingga akhirnya dari kajian Kementerian BUMN target laba menjadi 16,2 triliun. ”Tujuan penjualan Patra Jasa itu untuk menambah pemasukan Pertamina,” kata Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar di Jakarta, Kamis (7/10).

Menurut dia, rencana tersebut telah direstui pemerintah sebagai pemegang saham pengendali. Di samping itu, Pertamina juga diharapkan menggenjot liftingnya guna mengejar laba bersihnya.

Pertamina menjual 66,67 persen saham di PT Patra Jasa dengan harga dasar Rp 2,377 triliun. Penjualan saham dilakukan melalui private placement kepada investor strategis. Dengan sistem harga dasar, maka investor strategis yang berminat harus menawar di atas Rp 2,377 triliun.

JAKARTA -  PT Pertamina (Persero) akhirnya melego salah satu asetnya PT Patra Jasa. Keputusan ini ditempuh Pertamina guna menutup kekurangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News