KEK Kesehatan dan Pariwisata Kelas Dunia yang Pertama di Indonesia Lagi Dibangun di Bali

SOE International Conference 2022

KEK Kesehatan dan Pariwisata Kelas Dunia yang Pertama di Indonesia Lagi Dibangun di Bali
Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri sedang melihat maket KEK Kesehatan dan Pariwisata Kelas Dunia yang pertama di Indonesia yang sedang dibangun di Sanur, Bali. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, SANUR - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) yang dikenal dengan Injourney melalui anak perusahaannya PT Hotel Indonesia Natour (HIN) bekerja sama dengan PT Pertamina Bina Medika-Indonesia Healthcare Corporation (IHC) tengah membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan dan Pariwisata pertama di Indonesia yang berlokasi di Sanur, Bali.

Keputusan pemerintah membangun KEK Sanur yang mengintegrasikan sektor kesehatan dengan sektor pariwisata sejalan dengan fokus Presidensi G20 Indonesia, yakni layanan kesehatan inklusif, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi menuju energi berkelanjutan.

Bali dipilih sebagai lokasi KEK Kesehatan dan Pariwisata untuk memberikan kesempatan kepada pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan kelas dunia sekaligus memanfaatkan keindahan Pulau Dewata itu sebagai pilihan berwisata.

Pulau Bali memiliki potensi besar untuk menjadi pusat wisata medis di Asia Tenggara. Pemerintah berharap KEK Sanur dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

KEK Sanur juga didorong untuk menjadi lokasi investasi baru sekaligus menyerap tenaga kerja. Setelah beroperasi penuh, KEK Sanur diharapkan dapat menyerap sekitar 43 ribu tenaga kerja.

Pada 2045, KEK Sanur diharapkan mampu menambah total perolehan devisa hingga USD 1,28 miliar.

Pengembangan KEK Sanur diproyeksikan mampu menyerap sekitar 4-8 persen masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri.

Diharapkan pada 2030, jumlah pasien yang berobat di KEK Sanur mencapai 123 ribu hingga 240 ribu orang.

Injourney bekerja sama dengan PT Pertamina Bina Medika-IHC sedang membangun KEK Kesehatan dan Pariwisata pertama di Indonesia di Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News