Kelola Birokrasi, KemenPAN-RB Harapkan Para Kada Tiru Jokowi

Kelola Birokrasi, KemenPAN-RB Harapkan Para Kada Tiru Jokowi
Kelola Birokrasi, KemenPAN-RB Harapkan Para Kada Tiru Jokowi

jpnn.com - JAKARTA - Terobosan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi dalam rekrutmen dan penempatan PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta mendapat apresiasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Pasalnya, Jokowi berani menerapkan terobosn yang payung hukumnya baru sebatas konsep dalam naskah Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN).  

Menurut Sekretaris KemenPAN-RB, Tasdik Kinanto, justru terobosan ala Jokowi itu sudah menunjukkan hasil positif. "Meski belum ditetapkan menjadi UU, namun RUU ASN sudah diimplementasikan oleh Jokowi. Hasilnya sangat menggembirakan," katanya di di kantor KemenPAN-RB, Rabu (13/11).

Beberapa hal positif yang tampak ke permukaan antara lain penempatan pejabat eselon sesuai kompetensi, rekrutmen CPNS dengan sistem CAT (computer assisted test, red), pelayanan PNS yang makin profesional, maupun penerapan tunjangan sesuai kinerja. Dari sisi penataan kota, kata Tasdik, Jokowi juga dinilai bagus.

"Saya lihat di lokasi-lokasi yang dulu padat PKL seperti Tanah Abang, Pasar Palmerah, sekarang longgar," ujarnya.

Karenanya Tasdik berharap ketika nanti RUU ASN sudah disahkan menjadi UU, seluruh kepala daerah bisa menerapkannya dengan baik. Alasannya, PNS merupakan sumber daya potensial.

"Kalau dimanfaatkan dengan baik akan menghasilkan PAD besar bagi daerah. Sebaliknya bila tidak dimaksimalkan, justru akan membebani daerah. Jokowi sudah mencontohkan itu, PNS di Jakarta sudah lebih profesional. Mereka menerima tunjangan besar karena kinerjanya juga bagus," bebernya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Terobosan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi dalam rekrutmen dan penempatan PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta mendapat apresiasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News