Kelola Potensi, Contoh Hawaii

Kelola Potensi, Contoh Hawaii
Foto : janeresture.com
JAKARTA - Indonesia sebenarnya mempunyai banyak potensi unggulan dari berbagai sektor. Namun sayangnya, tidak ada sektor unggulan yang benar-benar maju. Bahkan beberapa sektor yang mempunyai potensi unggulan, pengelolaannya justru sia-sia.

Pemerhati otonomi daerah, Ryaas Rasyid, menyatakan bahwa salah satu contoh sektor unggulan yang tidak dikelola dengan baik adalah pariwisata. “Salah satu negara Amerika yang kaya, dan hidup dari pariwisata adalah Hawaii,” ujarnya, di Jakarta, Selasa (9/3).

Dicontohkannya, Hawaii relatif bergantung pada sektor pariwisata untuk pendapatan daerahnya. Ryaas yang sempat tinggal selama empat tahun di negara tersebut menyebut Hawaii tidak mempunyai lahan pertanian yang bisa diandalkan. “Semua ini karena sistem pemerintahan yang baik, tidak ada pungli, pemerintah juga menjamin keamanan berinvestasi, birokrasi juga tidak berbelit,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, pemerintah Indonesia harus mau membuka diri dan mengembangkan potensi-potensi yang ada. Tak hanya dari perbaikan sistem pemerintahan, namun diplomasi antarnegara. Diplomasi ini yang kemudian menjadi promosi bagi Indonesia. Indonesia harus meniru yang telah dilakukan negara tetangga, salah satunya Malaysia.

JAKARTA - Indonesia sebenarnya mempunyai banyak potensi unggulan dari berbagai sektor. Namun sayangnya, tidak ada sektor unggulan yang benar-benar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News