Kelompok Informasi Masyarakat Turut Kampanyekan Cegah Penularan Covid-19

Kelompok Informasi Masyarakat Turut Kampanyekan Cegah Penularan Covid-19
Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo. Foto dok Kominfo

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah saat ini tengah fokus menggalakkan kampanye pakai masker sebelum nantinya beralih ke protokol kesehatan lainnya.

Hingga saat ini pemerintah terus berupaya mencari strategi terbaik untuk meningkatkan disiplin penggunaan masker dan menggandeng berbagai stakeholder strategis, termasuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

KIM merupakan kelompok yang aktif mengelola dan menyebarkan informasi kepada masyarakat secara swadaya. Konsep tersebut merupakan sebuah pengembangan paradigma pola komunikasi di masyarakat, bukan lagi communication to people namun communication with people.

“Masker melekat kepada kehidupan kita. Sama seperti dulu saat kita membiasakan diri pakai helm ketika berkendara motor. Kalau belum pakai masker, rasanya belum aman keluar rumah, ada yang kurang,” ujar Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Widodo Muktiyo.

Dalam kegiatan webinar berjudul Adaptasi Kebiasaan Baru: Disiplin Pakai Masker, Tetap Produktif dan Aman Covid-19 yang diikuti oleh 166 orang dari 148 KIM di Kab/Kota yang ada di Provinsi Jawa Timur tersebut, Widodo mengapresiasi peran KIM yang telah berperan aktif membantu pemerintah mendisiplinkan warga agar senantiasa menggunakan masker ketika berkegiatan di luar rumah.

"Ini menunjukkan telah terbangunnya kesadaran bahwa kita memiliki musuh yang harus dilawan bersama. Dan ini dapat menjadi pilar penting bagi kita semua dalam menyukseskan diseminasi informasi,” jelas Widodo.

Langkah Kemkominfo memberdayakan KIM dalam sosialisasi protokol pencegahan Covid-19 diapresiasi oleh Ketua Umum Pengurus Besar IDI.

"Yang perlu kita sadari bersama bahwa pertambahan kasus Covid-19 setiap harinya masih cukup tinggi yakni di atas 2.000. Jadi Covid-19 masih menjadi ancaman bagi kita semua. Karena itu, mohon semua stakeholder pemerintah dalam hal ini Kominfo, baik teman-teman KIM maupun para penyuluh agar bersama berupaya mendorong masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan agar angka Covid-19 bisa secepatnya menurun," ujar Ketua Umum Pengurus Besar IDI, dr. Daeng M Faqih.

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) turut serta mengkampanyekan pencegahan penularan Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News