Kelompok Neo Nazi Asal Inggris Akan Dinyatakan Sebagai Teroris di Australia

Kelompok Neo Nazi Asal Inggris Akan Dinyatakan Sebagai Teroris di Australia
Members of the Proud Boys are seen during a rally protesting the cancellation of the official Australia Day parade in Melbourne, Tuesday, January 26, 2021. (AAP: James Ross)

Sebuah kelompok ekstrem sayap kanan asal Inggris akan untuk pertama kalinya akan dinyatakan sebagai organisasi teroris di Australia.

  • Sonnenkrieg Division sudah dinyatakan sebagai organisasi terlarang di Inggris sejak awal 2020
  • Dinas keamanan Australia mengatakan tidak ada warga Australia yang terlibat langsung dengan kelompok tersebut saat ini
  • Sekarang ada 27 kelompok masuk dalam daftar kelompok teror di Australia

 

Kelompok bernama Sonnenkrieg Division, kelompok Neo-Nazi yang berbasis di Inggris akan dilarang bergerak di Australia segera setelah dinyatakan masuk dalam daftar organisasi teror.

Mereka sudah dinyatakan sebagai kelompok terlarang di Inggris sejak tahun 2020 dan anggotanya sudah ada yang dinyatakan bersalah mendukung terorisme, menyebarkan materi teror dan melakukan persiapan untuk melakukan tindak teror.

Dua anggota Sonnenkrieg Division dinyatakan bersalah di tahun 2019 dengan tuduhan merencanakan serangan terhadap keluarga kerajaan Inggris.

Keputusan memasukkan kelompok ini ke dalam daftar kelompok teror adalah atas saran dari badan intelejen Australia diantaranya ASIO.

Dengan masuknya mereka dalam daftar, mereka yang mendaftar jadi anggota, mendanai kelompok tersebut, atau berhubungan dengan anggota kelompok tersebut akan dianggap sebagai melakukan pelanggaran hukum.

Hukuman maksimal untuk pelanggaran adalah 25 tahun penjara.

Sebuah kelompok ekstrem sayap kanan asal Inggris akan untuk pertama kalinya akan dinyatakan sebagai organisasi teroris di Australia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News