Kelompok Tani Binaan Program DMPA Panen Tomat dan Cabai, Hasil Bersih Rp57 Juta

Kelompok Tani Binaan Program DMPA Panen Tomat dan Cabai, Hasil Bersih Rp57 Juta
Kelompok Tani Sumber Rezeki binaan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) PT Surya Hutani Jaya. Foto: Humas PT Surya Hutani Jaya

jpnn.com, KUTAI KARTANEGARA - Kelompok Tani Sumber Rezeki binaan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) PT Surya Hutani Jaya berhasil memanen tomat sebanyak 3,5 ton dan cabai 1,1 ton.

Kelompok tani tersebut berhasil mendapatkan penghasilan bersih lebih dari Rp57 juta.

Kelompok tani yang berasal dari Desa Manunggal Daya, Kecamatan Sebulu, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur ini selain berhasil meningkatkan pendapatannya, juga aktif mengajak masyarakat sekitar mengelola dan membuka lahan dengan cara tidak melakukan pembakaran.

Hal ini bertujuan agar desa dan kawasan sekitar terbebas dari bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Ketua Kelompok Tani Sumber Rezeki, Saiful mengungkapkan, kelompok tani binaannya juga telah beberapa kali panen berkat binaan program DMPA PT Surya Hutani Jaya yang merupakan mitra pemasok Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas.

“Jika dihitung, total panen sebelumnya untuk tomat mencapai lebih dari 20 ton dan cabai sekitar 2 ton,” kata Saiful.

Saiful juga aktif membantu petani lain berupa bibit, pupuk dan saprodi pertanian. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen yang cukup melimpah, serta agar program DMPA ini juga dirasakan petani-petani lainnya.

Diketahui, program yang diberikan pihak perusahaan kepada kelompok tani Sumber Rezeki, seperti budidaya cabai, tomat, timun, semangka dan jagung. Program DMPA ini sudah dimulai sejak 2018.

Kelompok Tani Sumber Rezeki binaan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) PT Surya Hutani Jaya mendapatkan penghasilan bersih lebih dari Rp57 juta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News