Keluarkan Rekomendasi Liga 1 2020, BOPI Ingin Tidak Ada Kerusuhan

Keluarkan Rekomendasi Liga 1 2020, BOPI Ingin Tidak Ada Kerusuhan
BOPI mngeluarkan rekomendasi Liga 1 2020. Foto: Satria/Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) memberikan rekomendasi kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk Liga 1 2020 di Media Centre Kemenpora, Jakarta, Jumat (21/2). Dengan akan bergulirnya kick off Liga 1 2020, BOPI berharap kompetisi ini bisa berjalan dengan profesional, dan kericuhan antarsuporter tidak terjadi lagi. 

"Selama kurun seminggu terakhir, kami melakukan verifikasi adminstrasi Liga 1. Prosesnya meliputi peserta Liga 1, verifikasi seperti badan hukum, perpajakan, kontrak-kontrak pemain, tenaga kerja asing baik itu pemain dan pelatih. Kita cek sesuai peraturan dan perundang-undangan negara Indonesia," kata Ketua Umum BOPI, Richard Sambera.

Kepada operator PT LIB, Richard berpesan agar pengelolaan Liga 1 harus secara profesional. Tak hanya itu, hal yang sama juga diingatkan kepada klub peserta Liga 1. Klub harus profesional. Dia tidak ingin lagi mendengar klub menuggak gaji pemain. Kemudian, para pemain diminta untuk menjunjung tinggi sportivitas. 

"Saya sampaikan pesan bahwa, kepada PT LIB agar pengelolaan Liga 1 nanti harus profesional. Kemarin kita review dan kita apresiasi tak ada korban jiwa dan tahun lalu terpenuhi. Semoga ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan. Jangan ada lagi kerusuhan. Tahun lalu rusuh setelah kick off, dan ini harus menjadi perhatian penyelenggara Liga 1," tutur Richard. 

Dengan bergulirnya Liga 1 2020, Richard juga ingin ini bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak Indonesia. Dia bilang, menjadi pesepak bola profesional merupakan pekerjaan yang membanggakan dan menggembirakan. Oleh karena itu, hal tersebut harus menjadi inspirasi.

"Kepada teman-teman klub, harus meningkatkan profesional, serta memperhatikan hak dan kewajiban. Tidak ada lagi tunggakan gaji. Kepada suporter, saya berharap bisa saling menghormati, tolong hilangkan rasa benci. Kedepankan nilai sportivitas. Saya harap suporter menjadi aset bagi Liga Indonesia. Cita-cita kita menjadikan Liga 1 agar jadi yang terbaik di Asia bahkan dunia. Ini menjadi harapan kita bersama, semoga Liga 1 sukses dan menjadi liga yang terbaik," terang Richard.

Sementara itu, Direktur PT LIB, Cucu Somantri mengucapkan terima kasih kepada BOPI yang sudah memberikan rekomendasi untuk Liga 1 2020. Dia juga mempunyai harapan yang sama agar pengelolaan berjalan dengan baik dan profesional.

"Saya memandang sinergitas ini sangat penting. BOPI membantu kami memverifikasi. Diharapkan ini bisa dikelola dengan profesional. Saya harap permasalahan yang lalu tidak terjadi lagi. Kami sangat memperhatikan harapan itu. Kita ingin, sinergitas terus dilakukan, dan kami siap untuk menerima masukan supaya koridor sesuai yang diharapkan. Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih," ujar Cucu.

Dalam seminggu terakhir, BOPI melakukan verifikasi adminstrasi Liga 1. Prosesnya meliputi peserta, badan hukum, perpajakan, kontrak pemain dan lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News