Kemampuan Ini Penting Dimiliki Pemimpin Jakarta

Kemampuan Ini Penting Dimiliki Pemimpin Jakarta
Kemampuan Ini Penting Dimiliki Pemimpin Jakarta

jpnn.com - JAKARTA - Nama-nama yang muncul sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta selama ini dinilai memiliki kemampuan, setidaknya dapat menandingi Basuki T Purnama (Ahok) sebagai calon petahana dalam menata dan membangun ibukota.

"Semua calon yang muncul di permukaan saya pikir memiliki pengalaman dan keahlian di bidangnya masing-masing," kata Direktur Eksekutif The Jakarta Institute Reza kepada wartawan di Jakarta, Jumat (25/3).

Menurutnya, yang terpenting sosok cagub mendatang harus mampu menjaga kebhinekaan ibukota. Sebab DKI Jakarta adalah kota heterogen dan kompleks sehingga diperlukan pemimpin yang bisa menjaga dan merawat keberagaman.

"Jakarta sebagai ibukota negara karena itu posisi Jakarta begitu sentral dan strategis. Berkaca dari kenyataan itulah maka diperlukan calon gubernur alternatif. Figur tersebut minimal harus memenuhi beberapa syarat yaitu cerdas, tegas, punya attitude dan bisa merawat kemajemukan," jelas Reza.

Dia menambahkan, dari action opportunity, siapa bakal calon yang serius maju di Pilkada DKI 2017 mendatang dapat dilihat dari dua aspek. Pertama, hasil perolehan suara partai politik di DKI Jakarta saat Pileg 2014 dan yang kedua tentu figur kandidat yang mendapat dukungan dari rakyat.

"Kalau melihat jumlah kursi terbanyak pada saat Pileg 2014 tentu PDIP, Gerindra dan PKS akan mencalonkan tokohnya masing-masing. Sedangkan Golkar dan Demokrat yang di nasional punya suara signifikin namun tidak sukses di ibukota dan kemungkinan akan berkolaborasi," demikian Reza. (rmol/dil/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News