Kemasan yang Diberi Label BPA Free Perlu Diteliti Lagi, Ini Penjelasan Guru Besar Undip

Kemasan yang Diberi Label BPA Free Perlu Diteliti Lagi, Ini Penjelasan Guru Besar Undip
Imbauan bebas BPA pada wadah plastik. Foto: shutterstock

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Bidang Pemrosesan Pangan Departemen Teknik Kimia Universitas Diponegoro (Undip) Andri Cahyo Kumoro, mengatakan kemasan pangan yang dilabeli dengan tulisan BPA Free belum tentu aman juga digunakan.

Hal itu disebabkan meskipun aman dari kontaminasi BPA, tetapi kemasan itu kemungkinan juga mengandung zat-zat kimia berbahaya lainnya yang berpotensi mengganggu kesehatan.

Menurutnya, kemasan yang diberi label BPA Free itu juga perlu diteliti lagi apakah mengandung bahan kimia lain yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan.

“Kalau memang kemasan itu BPA free, itu berarti hanya aman dari kontaminasi BPA. Namun, perlu dilihat dulu apakah kemasan BPA Free itu mengandung bahan lain yang berpotensi bahaya seperti antimon atau Sb atau bahkan cemaran logam berat jika kandungannya melebihi ambang batas keamanan,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima JPNN hari ini.

Dia menyebutkan bahwa setiap bahan kimia itu memiliki ambang batas yang berbeda-beda. Jadi, katanya, jangan berpikran bahwa bahan kimia itu sama nilai ambang batasnya.

“Itulah sebabnya kenapa kemasan yang tidak mengandung BPA itu aman untuk digunakan. Karena, tidak mengandung BPA belum tentu juga tidak mengandung bahan berbahaya lainnya,” tukasnya.

Itulah sebabnya, menurut dia, penanganan bahan baku, produk, dan kemasan itu menjadi bagian penting juga dalam bisnis makanan dan minuman termasuk yang siap saji. “Kalau mau aman itu ya bisa menggunakan bahan organik, degradable dan aman seperti plastik berbasis pati, lipida, rumput laut atau campuran dan turunannya. Namun, itu kan mahal cost-nya, tidak efisien untuk industri,” katanya.

Sebelumnya, Dosen dan Peneliti di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB), Nugraha Edhi Suyatma juga menyampaikan hal serupa. Menurutnya, kemasan yang tidak mengandung BPA itu belum tentu aman-aman saja.

Kemasan yang diberi label BPA Free juga perlu diteliti, apakah mengandung bahan kimia lain yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News