Kembali Jajal Jalan, Jokowi Sebut Provinsi Ini Rusak Benar

Kembali Jajal Jalan, Jokowi Sebut Provinsi Ini Rusak Benar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau ruas Jalan Kota Jambi hingga Desa Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Selasa (16/5). Foto: Tangkapan layar akun Setpres di YouTube

jpnn.com, JAMBI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau ruas Jalan Kota Jambi hingga Desa Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Selasa (16/5).

Jokowi tampak menggunakan mobil sedan Indonesia 1.

Dalam keterangannya di Jalan Akses Sungai Gelam, Jokowi menyampaikan pemerintah pusat akan mengambil alih sejumlah perbaikan jalan provinsi dan kabupaten di Jambi.

"Yang tadi (Jalan Desa Tangkit-Desa Sungai Gelam) itu jalan kabupaten, yang ini (Simpang Ahok-Simpang Bumi Perkemahan Sungai Gelam) jalan provinsi. Ini juga akan diambil alih oleh pusat dan segera juga dikerjakan," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan jalan yang rusak ini menganggu aktivitas masyarakat dan ekonomi.

"Karena kalau enggak, yang namanya jalan logistik itu sangat penting sekali, yang namanya jalan produksi itu sangat penting sekali sehingga itu yang didahulukan, apalagi rusak parah, harus segera dikerjakan," ucap Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi pun menjelaskan sejumlah jalan di Provinsi Jambi yang berada dalam kondisi rusak, baik itu jalan nasional, provinsi, maupun kabupaten/kota.

"Untuk jalan kabupaten ada 10 ribu kilometer, yang rusak kurang lebih 4.600 (kilometer). Hampir separuh yang rusak jalan kabupaten/kota. Kemudian jalan provinsi ada 1.030 kilometer yang rusak 250 kilometer, 25 persen, seperempatnya. Jalan nasional ada 1.300 (kilometer) yang rusak 130 (kilometer)," ujar Jokowi.

Jokowi menyampaikan pemerintah pusat akan mengambil alih sejumlah perbaikan jalan provinsi dan kabupaten di Jambi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News