Survei Charta Politika: 61 Persen Pemilih Jokowi Memilih Ganjar, Sisanya?

Survei Charta Politika: 61 Persen Pemilih Jokowi Memilih Ganjar, Sisanya?
Presiden Jokowi bersama Gubernur Jateng yang juga Capres dari PDIP Ganjar Pranowo. Dok: Tim media Ganjar Pranowo.

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya menyampaikan dari keseluruhan pemilih Jokowi - Ma'aruf pada Pemilu 2019, ternyata 61 persen memilih Ganjar Pranowo.

Hal itu terungkap dari survei Charta Politika Indonesia periode 2-7 Mei 2023 bertajuk "Dinamika Elektoral Pascaisu Piala Dunia U-20 dan Deklarasi Batu Tulis" sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube Charta Politika Indonesia di Jakarta, Senin (15/5).

Sementara sisanya, 18 persen pemilih Jokowi memilih Prabowo Subianto, dan 14 persen lainnya menjatuhkan pilihan kepada Anies Baswedan.

Menurut Yunarto, hasil survei tersebut menjawab apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam musra yang digelar para relawan Jokowi beberapa waktu lalu.

Dalam survei tersebut terungkap tidak ada kebingungan di antara pemilih Jokowi - Ma'aruf seperti apa yang disampaikan dalam acara relawan tersebut.

"Ternyata tidak ada kebingungan seperti yang coba ditafsirkan dalam musra kemarin, mayoritas relawan Jokowi mendukung Ganjar Pranowo," ucapnya.

Yunarto juga menyebut pemilih atau responden yang tidak puas atas kinerja Presiden Jokowi cenderung mendukung Prabowo Subianto.

"Pemilih Prabowo masih ditopang oleh basis pemilih 2019 yang cenderung anti-Pemerintahan Jokowi," ujar Yunarto.

Survei Charta Politika mencatat 61 persen pemilih Jokowi - Ma'ruf pada Pilpres 2019 memilih Ganjar. Prabowo Subianto dan Anies Baswedan?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News