Kembali Latihan, Sriwijaya FC Fokus Genjot Fisik Pemain

Kembali Latihan, Sriwijaya FC Fokus Genjot Fisik Pemain
Pelatih Sriwijaya FC Widodo C Putro memberikan arahan kepada para pemain saat latihan. Foto: Sumek/dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Sriwijaya FC telah angkat koper dari Piala Presiden 2017. Kini Yu Hyun Koo dan kawan-kawan akan difokuskan pada persiapan kompetisi resmi Liga 1, awal April nanti.

Anak asuh Widodo C Putro itu sudah kembali latihan, kemarin (6/3) pagi di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), pascalibur satu pekan.

Dijeda satu bulan, tim berjuluk Laskar Wong Kito mengupayakan pembenahan-pembenahan. Hasil evaluasi hingga ke babak Delapan Besar Piala Presiden salah satunya fisik pemain masih kedodoran.

"Tetapi untuk latihan perdana ini kita masih adaptasi training. Seperti joging ringan, dan conditioning. Baru satu pekan kedepan kita akan mulai pelan-pelan tingkatkan fisik mereka," jelas Irwansyah, pelatih fisik Sriwijaya FC, usai dampingi latihan.

Sambung Irwan, penggenjotan fisik akan ditingkatkan mulai dari latihan erobiknya, hingga speed atau agility. "Hari ini kita belum lakukan semua itu. Karena kita memang juga belum cek kondisi fisik pemain. Kemungkinan besok pagi (hari ini) baru kita akan lakukan yoyo tes," tuturnya.

Mantan pelatih fisik Persipura Jayapura itu sadar, jika fisik jadi fokus utama pembenahan di tim berjuluk Laskar Wong Kito. Terlebih, berkaca dari gaya permainan skuad jersey kuning musim ini, akan lebih menekankan gaya bermain agresif.

"Tentu, saya juga selalu konsultasi dengan head coach (Widodo C Putro). Gaya bermain yang dikembangkan beliau. Visi dan misi bermainya tentu menyesuaikan dengan fisik yang mengarah kesana," tuturnya.

Jadi untuk mengarah ke gaya bermain cepat, memang tidak hanya diperlukan fisik dengan VO2 Max tinggi tetapi efisiensi dalam moving (bergerak) juga dikejar. Aksi, reaksi, speed dan agility juga harus ditingkatkan, untuk bisa bermain dengan gaya simple play, pass-move dengan satu atau dua sentuhan.

 Sriwijaya FC telah angkat koper dari Piala Presiden 2017. Kini Yu Hyun Koo dan kawan-kawan akan difokuskan pada persiapan kompetisi resmi Liga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News