Kembalilah pada Jati diri Bangsa

Oleh: Agus Jabo Priyono - Ketua Umum Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA)

Kembalilah pada Jati diri Bangsa
Ketua Umum DPP Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) Agus Jabo Priyono. Foto. Dok. JPNN.com

jpnn.com - Presiden Joko Widodo selama ini konsisten menampilkan dirinya sebagai sosok pemimpin yang merakyat, sederhana, manunggal dan tidak ada jarak dengan rakyat biasa.

Belakangan, dalam merespons kenaikan pelbagai kebutuhan pokok, Presiden juga rajin berkeliling untuk memberikan bantuan langsung tunai kepada masyarakat.

Harapannya, bantuan itu dapat mengurangi penderitaan dan membantu masyarakat dalam mengakses kebutuhannya.

Berkat kebijakan-kebijakan jangka pendek itu, mantan Wali Kota Solo ini banyak dielu-elukan setiap berkunjung ke daerah dan menguasai pemberitaan di media massa.

Respons cepat yang dilakukannya dianggap sebagai bentuk keperbihakan kepada rakyat kecil.

Tidak heran, dalam beberapa lembaga survei tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi rata-rata di atas 70 persen. 

Secara logis, mengacu pada pemberitaan dan laporan survei yang mana kepuasan publik masih cukup tinggi, apapun kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, baik berupa Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden dan beleid lainnya tentu akan mendapatkan dukungan besar dari masyarakat.

Namun, kenyataannya, dengan branding merakyat dan tingkat kepuasan yang cukup tinggi, hal itu belum mampu menjamin kestabilan politik.

Bangsa kita harus berani melompat, kembali membangun karakter kebangsaan yang kuat. Kembali kepada jati diri bangsa kita sendiri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News