Kembangkan Bandara Jember, AP II Tandatangani MoU

Kembangkan Bandara Jember, AP II Tandatangani MoU
PT Angkasa Pura (AP) II. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JEMBER - PT Angkasa Pura II bersama PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) dan Pemerintah Kabupaten Jember menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU).

Kerja sama ini terkait pemanfaatan Aset Milik PTPN XII dan/atau Barang Milik Daerah Kabupaten Jember Untuk Pembangunan, Pengembangan dan/atau Pengusahaan Bandara Notohadinegoro di Jember, Jawa Timur.

MoU ini merupakan langkah awal bagi seluruh pihak dalam bekerjasama guna meningkatkan rute, frekuensi, dan kualitas penerbangan di Bandara Notohadinegoro untuk mendukung perekonomian, perdagangan dan pariwisata serta memperluas konektivitas udara bagi masyarakat Jember dan sekitarnya.

“Seluruh poin yang disepakati dalam MoU tersebut akan didetailkan lebih lanjut dalam Perjanjian Kerjasama (PKS), khususnya dalam aspek pengembangan seluruh infrastruktur bandara di mana kami berencana akan melakukan investasi di Bandara Notohadinegoro dengan estimasi nilai sebesar ± Rp 200 Miliar," ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Sejumlah rencana akan dilakukan di Bandara Notohadinegoro antara lain pengembangan landas pacu atau runway dari eksisting 1.645 m x 30m menjadi 2.250 m x 45 m dan pengembangan terminal penumpang pesawat yang saat ini hanya seluas 618 m2 akan diperbesar menjadi 1800 m2.

Hal ini untuk mengakomodir penerbangan Boeing 737 series serta potensi untuk melayani sekitar 300 ribu penumpang per tahun.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh pihak atas terlaksananya penandatangan MoU ini, kami harap ini merupakan awal yang baik serta komitmen bersama. Bandara ini diharapkan nantinya dapat menjadi bandara embarkasi sekaligus dembarkasi yang melayani penerbangan haji dan umroh bagi masyarakat Jember," kata Bupati Jember Faida.(chi/jpnn)


Kerja sama ini terkait pemanfaatan aset milik PTPN XII dan/atau Barang Milik Daerah Kabupaten Jember Untuk Pembangunan, Pengembangan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News