JPNN.com

Kembangkan Industri Hilirisasi, Menko Luhut Sebut Indonesia Akan Jadi Pemain Utama Mobil Listrik

Senin, 27 Juli 2020 – 11:33 WIB
Kembangkan Industri Hilirisasi, Menko Luhut Sebut Indonesia Akan Jadi Pemain Utama Mobil Listrik - JPNN.com
Luhut Panjaitan. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan hilirisasi mineral yang digencarkan pemerintah bisa menjadi salah satu penopang ekonomi pascapandemi.

Selain itu juga akan menjadikan Indonesia sebagai pemain utama di dunia dalam hal baterai lithium dan mobil listrik.

Menurut Menko Luhut industri hilirisasi akan terus didorong karena potensinya sangat besar dalam membantu perekonomian nasional ke depan.

“Saya tidak mengatakan hilirisasi sendiri, karena semua harus paralel. Tapi dengan hilirisasi ini paling tidak sudah menyumbang perkiraan untuk tahun ini sebesar USD10 miliar. Itu angka yang besar,” ujar Menko Luhut dalam Webinar dengan tema 'Investasi di Tengah Pandemi', Sabtu (25/7) bersama dengan sektor lainnya seperti pariwisata dan UMKM.

Sektor hiliirisasi mineral cukup berperan untuk menopang perekonomian pascapandemi. Hal ini karena sektor hilirisasi tidak terdampak terlalu dalam dan ekspor produk turunan yang dihasilkan dari pabrik pengolahan semakin menunjukkan dampak positif.

“Hilirisasi nikel ini akan kami kembangkan sampai ujungnya baterai lithium dan juga keperluan lain untuk mobil listrik. Dan kami akan menjadi pemain utama lithium baterai ini,” jelas Luhut.

Salah satu smelter lokal yang berada di Pulau Obi, Harita Nickel, diproyeksikan akan menjadi pemain penting dalam industri bahan baku utama untuk mobil listrik tersebut.

Penyelesaian smelter hidrometalurgi High Pressure Acid Leaching (HPAL) di sana juga terus berlanjut meski di tengah pandemi. Karena itu, Menko Luhut mendukung semua perusahaan smelter dan tidak ada perlakuan yang berbeda.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy