Kemdagri Buka Peluang Tiga Kabupaten di Sultra Pilkada 2017

Kemdagri Buka Peluang Tiga Kabupaten di Sultra Pilkada 2017
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) membuka peluang pelaksanaan pilkada di tiga kabupaten di Sulawesi Tenggara, baru akan digelar tahun 2017 mendatang.

Padahal sebelumnya ditetapkan masuk daftar 272 daerah yang akan menggelar pilkada serentak 9 Desember mendatang. Masing-masing Kabupaten Muna Barat, Buton Selatan dan Buton Tengah.

Peluang terbuka mengingat ketiga daerah masih merupakan daerah otonomi baru (DOB) yang baru terbentuk tahun 2014 lalu.

“Mereka otonomi baru, saya masih menunggu KPU juga,” ujar Mendagri Tjahjo Kumolo, Jumat (20/3).

Selain menunggu sikap KPU terkait nasib ketiga daerah tersebut, Kemendagri kata Tjahjo, awal bulan ini juga akan mengundang seluruh kepala daerah dan sekretaris daerah.

Langkah ini dilakukan untuk mengecek kesiapan daerah-daerah dalam melaksanakan pilkada serentak. Terutama terkait kesiapan bagi anggaran pelaksanaan, sangat dibutuhkan sehingga proses semua tahapan dapat berjalan dengan baik.

“Awal bulan ini akan kita undang semua kepala daerah dan sekretaris daerah. Kita mengecek termasuk DOB bagaimana. Lalu daerah yang belum ada kesepakatan dengan KPUD mengenai anggaran, kita akan cek semua,” ujarnya.

Bagi daerah-daerah yang belum menganggarkan biaya pelaksanaan pilkada dalam APBD 2015, Kemendagri kata Tjahjo sebelumnya juga telah menyiapkan payung hukum. Bahwa dimungkinkan untuk mendahulukan penggunaan anggaran, baru kemudian dianggarkan dalam APBD Perubahan 2015.

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) membuka peluang pelaksanaan pilkada di tiga kabupaten di Sulawesi Tenggara, baru akan digelar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News