Kemdikbud Biayai Belasan Ribu Guru Kuliah di Universitas Terbuka

Kemdikbud Biayai Belasan Ribu Guru Kuliah di Universitas Terbuka
Guru. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pemerintah dan pemerintah daerah wajib menyediakan anggaran untuk peningkatan kualifikasi akademik dan sertifikasi pendidik bagi guru dalam jabatan yang diangkat satuan pendidikan yang diselenggarakan pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Dalam hal ini, guru dalam jabatan berarti mereka yang sudah menjadi guru maksimal pada Desember 2005, yaitu di tahun yang sama dengan diterbitkannya UU Guru dan Dosen.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata memastikan pemerintah pusat, khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), terus berupaya menjalankan amanat UU itu.

Kemendikbud sudah menyiapkan bantuan afirmasi untuk pemenuhan kualifikasi guru dan program sertifikasi guru di daerah-daerah tertentu.

"Kemdikbud sudah menyiapkan berbagai bantuan afirmasi. Salah satu bantuan afirmasi yang sudah berjalan untuk pemenuhan kualifikasi akademik guru adalah di daerah Maluku. Sekitar 11.600 guru dibiayai dan disekolahkan ke Universitas Terbuka,” ujarnya, Selasa (7/9).

Sedangkan, bantuan afirmasi untuk program sertifikasi guru akan dimulai pada tahun 2016 hingga tahun 2019.  (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pemerintah dan pemerintah daerah wajib menyediakan anggaran untuk peningkatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News