Kemdikbud Klaim tak Ada PTN Komersil

Kemdikbud Klaim tak Ada PTN Komersil
Kemdikbud Klaim tak Ada PTN Komersil
JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyebut hingga saat ini tidak ada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berorientasi komersil, khususnya pada saat proses penerimaan mahasiswa baru. Pasalnya, dana yang ditarik oleh PTN dari mahasiswa kerap dimonitor oleh pemerintah pusat.

"Tidak ada istilah komersil. Kalau ada, pasti sudah saya sembelih," ujar Dirjen Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Djoko Santoso kepada JPNN di Jakarta, Senin (23/7).

Menurutnya, besaran uang yang masuk ke PTN dari mahasiswa akan digunakaan untuk pembiayaan perguruan tinggi itu sendiri. Sehingga, masyarakat harus bisa membedakan antara istilah membayar biaya pendidikan mahal dengan komersil.

"Jadi beda, antara bayar mahal dan komersil. Komersil itu artinya kan ada biaya melakukan kegiatan, ada tarif. Kalau saya menetapkan tarif di atas cost, saya tentu untung, itu namanya komersil apalagi langsung dikantongi. Tapi kalau digunakan untuk pengembangan lagi, itu nirlaba namanya. Masyarakat tolong dapat memahami ini," jelasnya.

JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyebut hingga saat ini tidak ada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berorientasi komersil,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News