Kemdikbud-TNI Bersepakat Memajukan Pendidikan di Daerah 3T

Kemdikbud-TNI Bersepakat Memajukan Pendidikan di Daerah 3T
Mendikbud Muhadjir Effendy dan Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo usai penandatangan kerja sama antara Kemdikbud dan TNI di Markas Besar TNI, Jakarta, Senin (4/12). Foto: Humas Kemdikbud

jpnn.com, JAKARTA - Untuk memberikan pelayanan prima di bidang pendidikan dan kebudayaan kepada masyarakat, khususnya di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjalin kerja sama dalam perluasan akses dan peningkatan mutu pendidikan dan kebudayaan.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Mendikbud Muhadjir Effendy dan Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di Markas Besar TNI, Jakarta, Senin (4/12).

Kerja sama dengan TNI sebenarnya sudah berjalan lama. Negara harus hadir dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya dalam memberikan pelayanan prima melalui perluasan akses dan peningkatan mutu.

“Hari ini kami bersama TNI bekerja sama untuk memberikan layanan pendidikan, khususnya di daerah 3T, dan memberikan layanan dalam menjalankan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK),” terang Menteri Muhadjir.

Dia menjelaskan, kerja sama Kemendikbud dengan TNI sudah berjalan lama. Nota kesepahaman ini hanya bersifat menguatkan.

Dia mencontohkan keberhasilan peran TNI seperti kerja sama masyarakat dan dinas pendidikan bersama-sama Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, yang berhasil mengembalikan ribuan anak putus sekolah untuk ke sekolah.

“Dalam melakukan perluasan akses dan meningkatkan mutu layanan pendidikan dan kebudayaan penting dilakukannya kerjasama dan koordinasi sesuai dengan tupoksi masing-masing. Tentara bisa membantu berbagai kegiatan di sekolah, termasuk kegiatan ekstrakurikuler. Tetapi jangan disalahartikan dengan masuknya tentara ke sekolah, ini bukan militerisasi di sekolah,” jelas Muhadjir.

Dia menambahkan, tentara bisa membantu pendidikan dan kebudayaan di daerah yang sulit dijangkau. Selain itu juga TNI bisa membantu dalam penguatan pendidikan karakter, dan penanaman semangat bela negara kepada siswa.

Hari ini Kemdikbud dan TNI bekerja sama memberikan layanan pendidikan, khususnya di daerah 3T, dan memberikan layanan dalam menjalankan Program PPK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News