Kemdiknas Anggap Wajar Pungutan di RSBI

Kemdiknas Anggap Wajar Pungutan di RSBI
Kemdiknas Anggap Wajar Pungutan di RSBI
JAKARTA--Pungutan hingga jutaan rupiah yang dilakukan sekolah yang berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), dianggap Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal sebagai hal yang wajar. Alasannya, memang dibutuhkan dana untuk meningkatkan mutu pendidikan. Yang terpenting, katanya, 20 kursi di RSBI untuk siswa miskin.

"Kalau ada pungutan  sebesar Rp 1-2 juta dan uang SPP sekitar 200-300 ribu di luar dana bantuan pemerintah, itu memang harus dibahas secara rasional di tingkat sekolahnya. Namun, dengan adanya pungutan itu apakah salah? Itu kan demi untuk mutu yang baik. Yang penting, 20 persen kan sudah diamankan untuk anak miskin," terang Fasli di Jakarta, Senin (11/7).

Dikatakan Fasli, upaya meningkatkan kualitas sekolah juga untuk menekan jumlah siswa yang lebih memilih sekolah di luar negeri. Karena, lanjut Fasli, sekarang ini banyak orang tua siswa yang lebih memilih menyekolahkan anaknya ke luar negeri untuk mendapatkan kualitas yang bagus.

"Apa masyarakat kepingin semua siswa Indonesia pada lari ke Singapura atau ke negara lainnya  untuk mendapatkan mutu yang bagus? Atau sekolah-sekolah internasional? Oleh karena itu, tolong dilihat juga bahwa sekolah negeri itu sekolah kita. Untuk anak-anak kita. Kalau memang terlalu mahal, ayo kita amankan tadi yang 20 persen," tegasnya.

JAKARTA--Pungutan hingga jutaan rupiah yang dilakukan sekolah yang berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), dianggap Wakil Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News