Kemenag Gelontorkan Rp 6,9 Miliar untuk 380 Masjid dan Musala, Siap-siap Dihubungi Petugas

Kemenag Gelontorkan Rp 6,9 Miliar untuk 380 Masjid dan Musala, Siap-siap Dihubungi Petugas
Kemenag menggelontorkan dana bantuan untuk masjid dan musala. Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan penerima bantuan operasional masjid dan musala terdampak covid-19 tahun anggaran 2021.

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan anggaran yang disiapkan sebesar Rp 6,9 miliar  dengan rincian Rp 20 juta untuk tiap masjid, dan Rp 10 juta per musala.

“Ada 310 masjid dan 70 musala yang ditetapkan sebagai penerima bantuan tahun ini dari 22.147 dokumen permohonan yang masuk ke Sistem Informasi Masjid (Simas) selama dua pekan pembukaan pendaftaran,” ungkap Dirjen Kamarudin di Jakarta, Kamis (14/10).

Menurutnya 380 masjid dan musala yang lolos mendapat bantuan itu, akan dihubungi oleh Kementerian Agama setempat.

"Bisa dari Kemenag wilayah atau KUA setempat. Kemudian akan dijadwalkan untuk dilakukan verifikasi lapangan dari petugas Kemenag setempat," ujarnya.

Dikatakannya setelah verifikasi lapangan selesai, maka seluruh dokumen akan dikumpulkan di Bimas Islam Pusat untuk proses lebih lanjut. 

“Normalnya jam kerja paling lambat dua minggu setelah berkas diterima, insyallah segera diproses pencairan bantuan ke rekening penerima bantuan,” katanya.

Sementara itu, Plt Direktur Urais Binsyar Ismail Fahmi mengatakan melihat tingginya animo dari masyarakat dan keterbatasan anggaran yang disediakan, sehingga proses seleksi dilakukan dengan sangat ketat dan sistem gugur. 

Kemenag menggelontorkan dana bantuan untuk 380 masjid dan musala dengan total anggaran Rp 6,9 miliar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News