Kemenag & LPDP Siapkan Beasiswa Bagi 2 Ribu Guru, Jangan Dilewatkan 

Kemenag & LPDP Siapkan Beasiswa Bagi 2 Ribu Guru, Jangan Dilewatkan 
Kementerian Agama RI. Foto: Twitter @Kemenag_RI

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 2.000 pengajar madrasah, pondok pesantren, dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah akan mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Menurut Plh. Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Amin Suyitno, bantuan pendidikan yang akan diberikan berupa beasiswa pembelajaran jarak jauh pendidikan agama Islam atau PJJ PAI.

Program itu bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi akademik bagi guru madrasah, PAI di sekolah, madrasah diniyah, dan pondok pesantren yang belum S1.

Suyitno menyebut berdasarkan database guru dalam Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag (Simpatika), masih ada 3.912 guru madrasah pengampu mata pelajaran rumpun PAI yang harus ditingkatkan kualifikasi akademiknya.

“Sementara, guru PAI di sekolah menurut data Sistem Informasi Administrasi Guru Agama (Siaga), jumlah guru PAI di sekolah yang kualifikasi akademiknya belum S1 mencapai 14.695 orang," kata Suyitno pada Minggu (17/7).

Direktur pendidikan tinggi keagamaan Islam (Diktis) Kemenag itu menegaskan, melalui program PJJ PAI yang diselenggarakan IAIN Cirebon, para guru diharapkan memanfaatkan peluang beasiswa sebaik-baiknya.

Dengan demikian mereka memiliki peluang untuk menjadi guru profesional dan memperoleh sertifikat pendidik.

Suyitno menyampaikan persoalan kualifikasi akademik tidak hanya dialami guru di madrasah dan sekolah umum. Guru-guru agama yang mengajar di madrasah diniyah dan pondok pesantren pun masih banyak yang belum berkualifikasi sarjana.

Kemenag dan LPDP menyiapkan beasiswa bagi 2 ribu guru madrasah, pesantren, dan guru PAI melalui program PJJ PAI. Simak informasinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News