Kemenag Pastikan 60 Ribu Paspor CJH Sudah Terbit

Kemenag Pastikan 60 Ribu Paspor CJH Sudah Terbit
Jemaah haji Indonesia. Foto: dok. JawaPos

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Sub Direktorat Dokumen dan Perlengkapan Haji Reguler Kemenag Nasrullah Jasam mengatakan 60 ribu lebih paspor CJH (calon Jemaah haji) telah terbit.

Nasrullah menuturkan CJH yang belum memiliki paspor diminta untuk segera mengurusnya di kantor imigrasi setempat. ’’CJH bisa mengurus sendiri dan bisa juga kolektir melalu kantor Kemenag kabupaten/kota,’’ katanya, Sabtu (2/1).

Dia menuturkan proses pengurusan paspor terus bergerak. Pada 29 Januari lalu telah terbit 39 ribu paspor. Kemudian data terbaru saat ini sudah mencapai 60 ribu lebih paspor yang telah terbit.

Dia menjelaskan Kemenag memang belum melansir nama-nama CJH yang berhak melunasi BPIH tahun ini. Tetapi untuk pengurusan paspor, harus dipercepat dengan mengacu pada estimasi keberangkatan. Setiap CJH yang telah melakukan setoran awal BPIH, mendapatkan keterangan estimasi keberangkatan.

’’CJH yang estimasi keberangkatannya tahun ini, mengurus paspor semua,’’ jelasnya.

Nasrullah menjelaskan urusan penyiapan dokumen CJH terdiri dari lima tahap. Pertama adalah proses pemindaian (scanning) lembar setoran awal (LSA) BPIH pada Januari-Maret. Tahap berikutnya adalah pengiriman paspor CJH kepada Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri pada April-Mei.

Disusul kemudian penyelesaian paspor di Subdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Reguler pada Mui-Juli. Tahap keempat adalah proses pengajuan visa haji ke Kedutaan Besar Arab Saudi yang dijadwalkan pada Juni-Juli.

’’Tahap terakhir adalah penyerahan dokumen paspor yang sudah divisa kepada K anwil Kemenag Provinsi pada Juni-Juli,’’ jelasnya.

Kementerian Agama (Kemenag) juga mempersiapkan dokumen perjalanan jamaah, termasuk pengurusan paspor calon jamaah haji (CJH).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News