JPNN.com

Kemenag Perkuat Semangat Kebersamaan Melalui Jambore Pasraman

Jumat, 05 Juli 2019 – 13:47 WIB Kemenag Perkuat Semangat Kebersamaan Melalui Jambore Pasraman - JPNN.com

jpnn.com, DENPASAR - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia menggelar Jambore Pasraman Tingkat Nasional V. Kegiatan ini diselenggarakan selama enam hari di Denpasar, Bali, 2-7 Juli 2019. 

Event tiga tahunan ini dibuka langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin di Agung Ballroom Aston Hotel Denpasar, Rabu (3/7) lalu.

Ketua panitia Jambore Pasraman I Wayan Budha mengatakan, even kali ini memiliki makna yang sangat dalam bagi generasi muda Hindu. “Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan semangat kebersamaan, kepedulian, dan rasa kebangsaan kepada generasi muda Hindu dalam rangka memperkokoh keutuhan dan sekaligus turut serta membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata I Wayan Budha dalam siaran tertulisnya, Jumat (5/7).

BACA JUGA: KLHK Pastikan Indonesia Tak Impor Sampah Plastik

Oleh karena itu, kata I Wayan, tema yang dusung adalah Jambore Pasraman tingkat nasional V tahun 2019 sebagai wahana meningkatkan kepekaan dan solidaritas untuk kesadaran generasi muda hindu dalam tanggung jawab membangun bangsa. “Melalui Jambore Pasraman diharapkan ajaran agama dapat diimplementasikan dan dikolaborasikan dengan adat dan budaya setempat," kata I Wayan. 

Dia menjelaskan, konsep ideal ini diakomodir melalui kegiatan Jambore Pasraman melalui sejumlah kegiatan yang dilombakan antara lain Lomba Mantra Tri Sandhya, Lomba Kramaning Sembah, Lomba Yoga Asanas, Lomba Cipta Baca Puisi Keagamaan Hindu, Lomba Bercerita Keagamaan Hindu, Lomba Pelafalan Doa Sehari-hari, Lomba Outbound Lomba Dharmawidya (Cerdas Cermat). Selain itu dilaksanakan juga kegiatan Pendalaman/Pembinaan dalam bentuk Sarasehan.

BACA JUGA: Umat Hindu Lanal Denpasar Merayakan Hari Suci Tumpek Landep

"Jambore Pasraman diharapkan mampu menjadi media dalam menanamkan jiwa dan semangat kebersamaan, kepedulian, dan cinta Tanah Air serta semangat pengabdian kepada bangsa dan negara. Dengan demikian peserta didik Pasraman kelak dapat tampil dalam barisan terdepan, dan bertanggung jawab membangun masa depan bangsa ini menuju Indonesia yang lebih baik," tuturnya. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...