Kemenag Puji Sikap Legowo Para Ahli Ilmu Falak

Berkumpul untuk Satukan Persepsi Penanggalan Hijriah

Kemenag Puji Sikap Legowo Para Ahli Ilmu Falak
Kemenag Puji Sikap Legowo Para Ahli Ilmu Falak
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) RI mengapresiasi para ahli ilmu falak dari berbagai daerah yang saat ini berkumpul di Gresik, Jawa Timur, untuk penyerasian hisab atau data astronomis penyusunan kalender Islam. Harapannya, pada masa-masa mendatang tak ada lagi perbedaan dalam hal penetapan 1 Syawal.

"Pertemuan ahli falak di Gresik hari ini sangat penting guna meminimalisir perbedaan dalam penetapan awal bulan Ramadhan dan hari raya," kata Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Abdul Djamil dalam rilisnya, Jumat (10/5).

Kegiatan serupa, lanjut Djamil, juga digelar untuk tingkat internasional. Tujuannya juga untuk penyerasian penentuan kalender Hijriah.

Dikatakannya, dewasa ini para ahli falak sudah berbesar hati untuk mencari titik persamaan dengan memunculkan kriteria imkanurrukyat atau visibilitas pengamatan. "Kriteria ini menegaskan bahwa hilal hanya bisa diamati dengan syarat tertentu dan jika tidak terpenuhi, maka laporan pengamatan hilal bisa ditolak," ujar Abdul Djamin.

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) RI mengapresiasi para ahli ilmu falak dari berbagai daerah yang saat ini berkumpul di Gresik, Jawa Timur, untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News