Kemenag Rilis Alquran Terjemahan Berbahasa Daerah

Kemenag Rilis Alquran Terjemahan Berbahasa Daerah
Ilustrasi. FOTO: jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Jika selama ini kebanyakan Alquran terjemahan menggunakan bahasa Indonesia, kali ini Kemenag menghadirkan terjemahan bahasa daerah. Untuk sementara, ada terjemahan tiga bahasa daerah. Yakni, Jawa Banyumasan, Minang, dan Dayak Kanayan

Rencananya, terjemahan Alquran ke bahasa daerah itu dikem­bangkan terus. 

Selanjutnya, bakal menyusul terjemahan bahasa Sasak dari Lombok, Makassar, Kaili dari Sulawesi Tengah, Batak Angkola, Toraja, dan Bolaang Mongondow. 

"Ada beberapa yang masih proses pengerjaan, seperti Alquran terjemahan bahasa Batak," tutur Kabalitbang-Diklat Kemenag Abd. Rahman Mas'ud. 

Dia menjelaskan, ada beberapa alasan sehingga Kemenag menerbitkan Alquran terjemahan dalam beragam versi bahasa daerah itu. Di antaranya, Kemenag ingin menekankan dan menyebarluaskan fungsi Alquran sebagai hudan lin nas (petunjuk bagi manusia).

Selain itu, Mas'ud menuturkan, masih banyak warga yang kurang marem ketika membaca terjemahan Alquran versi bahasa Indonesia. 

"Seperti kita, orang Indonesia, kurang marem kalau sarapan belum pakai nasi," jelas dia. Melalui Alquran terjemahan dalam beragam versi bahasa daerah itu, Mas'ud juga ingin semakin membumikan Islam di Nusantara. (wan/c11/agm) 


JAKARTA - Jika selama ini kebanyakan Alquran terjemahan menggunakan bahasa Indonesia, kali ini Kemenag menghadirkan terjemahan bahasa daerah. Untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News