Kemenakertrans Garap Food Estate 30 Ribu Hektar

Kemenakertrans Garap Food Estate 30 Ribu Hektar
Dirjen Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (Dirjen P2KTrans) Kemenakertrans, Jamaluddien Malik saat melakukan peninjauan rumah penduduk transmigrasi di Tanjung Buka Satuan Pemukiman (SP) 7, Delta Kayan, Bulungan, Kaltim, Jumat (4/5). Foto : Nicha/JPNN
BULUNGAN — Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) kini mulai membangun dan mengembangkan lahan pertanian food estate seluas 30 ribu hektar. Pengembangan lahan di Kawasan Delta Kayan, Kota Terpadu Mandiri (KTM) Salim Batu, Bulungan, Kalimantan Timur ini untuk mendukung program ketahanan dan kemandirian pangan nasional.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar menyebutkan,  Kawasan Delta Kayan yang memiliki potensial areal seluas 30.000 hektar tersebut, di dalamnya terdapat lokasi pemukiman transmigrasi Tanjung Buka Satuan Pemukiman (SP) 1 hingga SP 8. Saat ini, sudah terdapat 1.200 Kepala Keluarga (KK) yang telah ditempatkan di kawasan transmigrasi Tanjung Buka, dan akan ditambah sebanyak 550 KK untuk penempatan tahun 2012.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur ikut mengalokasikan dukungan dana untuk pembangunan rumah dan fasilitas perpindahan bagi transmigran asal Jawa Timur sebanyak 220 KK yang akan ditempatkan di Tanjung Buka SP 5. Pembangunan permukiman transmigrasi SP 5 yang merupakan kerjasama dengan Pemprov Jawa Timur tersebut, juga turut menggandeng PT Sang Hyang Sri (PT. SHS), PT Agro Mandiri Kencana (Mi Won Indonesia) dan PT Nusa Agro Mandiri (Solaria). 

“Ke depannya, Pemprov DKI Jakarta dan  Jawa Barat juga akan menyusul untuk bekerjasama dengan Pemprov Kaltim serta ikut berpartisipasi dalam program ini,” lanjut Menakertrans.

BULUNGAN — Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) kini mulai membangun dan mengembangkan lahan pertanian food estate seluas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News