Kemenangan Bachar Houli Disambut Hangat Warga Muslim Australia

Kemenangan Bachar Houli Disambut Hangat Warga Muslim Australia
Kemenangan Bachar Houli Disambut Hangat Warga Muslim Australia

Tim sepakbola gaya Australia atau footy, Richmond Tigers asal Melbourne memenangkan Grand Final AFL 2017 setelah berhasil menumbangkan lawannya Adelaide Crows dengan unggul 48 point.

Bachar Houli, pemain belakang dari tim tersebut, menjadi pemain Muslim pertama yang ikut menang dalam pertandingan tersebut.

Pria kelahiran 1988 ini memiliki darah Libanon dan sudah mulai bermain footy sejak usianya 12 tahun. Pertama kali menjadi pemain footy profesional di tahun 2007 dengan tim Essendon, sebelum akhirnya bergabung dengan tim Richmond sejak 2011. Ia juga menjadi duta multikultur AFL.

Kemenangan Bachar dalam laga final yang digelar hari Sabtu, 30 September 2017 lalu langsung disambut bahagia oleh banyak warga Muslim di Australia.

Banyak warga Muslim, khususnya asal Melbourne yang meluapkan kebahagian atas kemenangan pertama Tigers sejak 37 tahun dengan membagikan unggahan di jejaring sosial, seperti di Facebook.

Neil Aykan, Direktur Eksekutif dari Dewan Islam di Victoria, Australia mengatakan reaksi dari komunitas Muslim di Victoria telah luar biasa bahagia.

"Bachar Houli benar-benar telah membuat tidak hanya warga Muslim bangga, ia adalah sosok hebat untuk multikultur dan keberagaman di sepakbola gaya Australia dan juga anggota komunitas Muslim yang dijagokan," ujar Neil kepada Erwin Renaldi dari ABC Melbourne.

Neil menambahkan ada beragam makna dari kemenangan Houli, tetapi belum ditemukan adanya pesan negatif dari keterlibatan Houli dalam kemenangan tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News