Kemenangan di Jawa Bisa jadi Motivasi Buat Pilpres

Kemenangan di Jawa Bisa jadi Motivasi Buat Pilpres
BEREBUT KUASA: Dari kiri ke kanan, Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Waketum Partai Demokrat Roy Suryo dan Ketua DPP PAN Yandri Susanto dalam diskusi Jawa Adalah Kunci. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira sepakat bila pemilihan gubernur di tiga provinsi di Pulau Jawa menjadi barometer untuk memenangi Pilpres 2019.

Namun, katanya, kemenangan di setiap provinsi belum tentu paralel dengan kemenangan di pemilu, baik legislatif maupun pilpres.

"Saya menduga hasil pilkada di Jawa tidak selalu paralel dengan hasil pemilu. Tapi kemenangan di Jawa akan memberikan motivasi tersendiri untuk memenangkan pesta demokrasi sekelas pileg dan pilpres," ucap Andreas.

Itu disampaikannya dalam diskusi bertajuk "Berebut Kuasa di Tanah Jawa" yang diadakan Voxpol Center, di Bumbu Desa Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (11/1).

Pilkada di Jawa menjadi barometer keberhasilan pilkada seluruh Indonesia, karena besarnya persentasi pemilih yang terkonsentrasi di tiga provinsi, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sebab, mengacu data pemilih di Pemilu 2014 yang melewati angka 190 juta, sekitar 93,21 juta atau 70 persen itu ada di Jawa. Utamanya di tiga provinsi tadi.

"Sehingga Jawa benar-benar akan menjadi wilayah partarungan pilkada. Kalau PDI Perjuangan menang di Jawa, ini akan jadi motivasi luar biasa untuk menang di pileg dan pilpres," tambahnya. (fat/jpnn)

 

Mengacu data pemilih di Pemilu 2014 yang melewati angka 190 juta, sekitar 93,21 juta atau 70 persen itu ada di Jawa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News