Kemendag Gandeng ESQ Launching Core Values BerAKHLAK

Kemendag Gandeng ESQ Launching Core Values BerAKHLAK
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (kanan), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas (paling kiri), dan Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian (tengah). Foto dok ESQ

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng ESQ melaunching Core Values ASN BerAKHLAK secara hybrid di Gedung Utama Kemendag dan Zoom Meeting, Selasa (25/10).

Acara yang diikuti 3 ribu ASN melalui zoom meeting dan seluruh eselon secara luring tersebut, dihadiri Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, dan Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian.

"Beberapa kali saya sudah sampaikan kepada eselon 1, kami sepakat bahwa negeri kita ini proses berbangsa dan bernegara ini dengan proses demokrasi. Sesungguhnya pemilik negeri ini adalah seluruh rakyat Indonesia. Sebab kedaulatan ada di rakyat itu," ujar Mendag.

Dihubungkan dengan Core Values BerAKHLAK, Mendag mengingatkan tujuan bekerja adalah harus memihak kepada rakyat.

"Agar mereka lebih makmur, lebih sejahtera dan lainnya. Sehingga seperti visi yang dicita-citakan bersama yaitu Indonesia Emas 2045 bisa terwujud. Oleh karena itu, kita sebagai pejabat pemerintah birokrasi sudah seperti mesin. Tapi dampaknya itu yang paling penting, berdampak kepada rakyat," katanya.

Selanjutnya, Ary Ginanjar dalam paparannya menyampaikan seperti yang dikatakan oleh Mendag agar strategi-strategi dalam bekerja itu bisa memberikan dampak yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Artinya Pak Menteri punya visi misi yang harus diterapkan itu adalah target-targetnya. Serta punya misi yang harus terus dijalankan. Dan ada leaders yang akan menjalankan," ujar Ary.

"Pak Menteri punya strategi, struktur dan sistem, itu yang dijalankan. Lalu beliau mengelola SDM atau budaya kerja agar semuanya memberikan dampak kepuasan masyarakat akan pelayanan dari pejabat negara," lanjutnya.

Kemendag telah melakukan pengukuran AKHLAK Culture Health Index (ACHI) di lingkup Kemendag.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News