Kemendagri Gelar PIN Pertama Kali di Aceh

Kemendagri Gelar PIN Pertama Kali di Aceh
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - KEMENTERIAN Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Pekan Inovasi Perkembangan (PIN) Desa/Kelurahan untuk pertama kalinya di Kota Banda Aceh. PIN ke-I ini disandingkan dengan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional ke XVII yang diselenggarakan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis (8/10).

“Semoga kegiatan ini bermanfaat, tidak hanya bagi Kemendagri, tidak hanya bagi Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, tapi juga masyarakat secara umum,” ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, mengawali sambutannya pada acara tersebut.

Mendagri berharap, kegiatan ini dapat melahirkan inovasi-inovasi baru untuk pengembangan pada tingkat desa, kecamatan hingga nasional. Pemerintah mulai dari pusat hingga tingkat desa, ujar Mendagri, harus punya inovasi untuk meningkatkkan pembangunan. “Ini harus terus ditingkatkan untuk melihat perkembangan desa,” tandas Mendagri.

Mendagri sangat yakin kedepan desa akan semakin maju dan modern. Untuk itu, Mendagri menginginkan agar kegiatan TTG dapat terus diselenggarakan mengingat perannya yang sangat strategis.

“Memberdayakan masyarakat desa, mengembangkan potensi desa, sehingga menjadi desa yang maju, berdaulat, mandiri dan berkepribadian bisa segera terwujud,” tegas Mendagri.

Sementara itu Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Dirjen BPD) Nata Irawan menegaskan, PIN dan TTG merupakan kegiatan yang dirancang untuk mengetahui tingkat perkembangan desa. Hal ini diwujudkan melalui peningkatan tata kelola, peningkatan pelayanan publik, pemanfaatan teknologi tepat guna dan daya saing desa.

“Inovasi perkembangan desa lebih difokuskan pada upaya desa menggunakan sumber-sumber potensi desa dan teknologi desa untuk pembangunan desa,” ujar Nata.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Aceh Zaini Abdullah juga berharap agar kegiatan PIN/TTG ini dapat memberi daya dorong yang lebih kuat untuk membangun desa di seluruh Indonesia.

KEMENTERIAN Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Pekan Inovasi Perkembangan (PIN) Desa/Kelurahan untuk pertama kalinya di Kota Banda Aceh. PIN ke-I

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News