Kemendagri Janji Bersihkan NIK Ganda

Kemendagri Janji Bersihkan NIK Ganda
Kemendagri Janji Bersihkan NIK Ganda
JAKARTA -- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berjani segera memberishkan sembilan juta penemuan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Ganda yang ditemukan saat pemutakhiran data kependudukan pada 2009-2010 lalu. Pasalnya, NIK sangat diperlukan untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

"Mendagri sudah merilis, bahwa pada pemutakhiran data ditemukan sembilan juta NIK Ganda. Itu dari seluruh Indonesia. Tentunya itu akan kita berantas dan bersihkan," kata Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Reydonnyzar Moenek kepada pers di Senayan, Senin (12/9).

Dia menegaskan, data-data mengenai NIK ganda itu sudah jelas, untuk masing-masing kelurahan, kecamatan seluruh Indonesia.

Menurut dia, berbagai modus dilakukan dengan KTP ganda tersebut. Dicontohkan, ada PJTKI "nakal" yang merekrut calon dengan KTP palsu. "Ada PJTKI dalam tanda petik nakal punya KTP gelondongan," kata dia.

JAKARTA -- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berjani segera memberishkan sembilan juta penemuan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Ganda yang ditemukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News