Kemendagri Jemput Bola untuk Pelayanan Administrasi Kependudukan

Kemendagri Jemput Bola untuk Pelayanan Administrasi Kependudukan
Layanan jemput bola untuk merekap data KTP-el masyarakat adat Baduy, Kamis (20/1). Foto: Kemendagri.

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan layanan jemput bola untuk merekam data KTP-el.

Layanan itu bekerja sama dengan Dinas Dukcapil Provinsi Banten dan Kabupaten Lebak untuk melayani masyarakat adat Baduy.

Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan negara dibentuk untuk membahagiakan masyarakatnya.

"Kami wajib melakukan layanan yang kami sebut jemput bola dengan mendatangi penduduk untuk mendapatkan layanan administrasi kependudukan di mana pun mereka berada," kata Zudan, Kamis (20/1).

Dinas Dukcapil Kabupaten Lebak mencatat 2.578 dokumen kependudukan untuk masyarakat adat Baduy Dalam dan Luar telah diterbitkan sejak September hingga Desember 2021.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Lebak Ujang Bahrudin mengatakan pihaknya didukung oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri untuk memasang alat perekaman serta jaringan komunikasi dan data.

"Kami melakukan perekaman KTP-el bagi 663 penduduk wajib KTP, pencetakan KTP sebanyak 434 keping, menerbitkan Akta Kelahiran bagi 232 anak, KIA bagi 194 anak, dan KK bagi 1.055 keluarga,” ujar Ujang.

Zudan mengungkapkan layanan perekaman data KTP-el bagi masyarakat adat Baduy dibuka sampai malam hari.

Ditjen Dukcapil Kemendagri melakukan layanan jemput bola untuk pelayanan administrasi kependudukan, seperti merekam data KTP-el.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News