Kemendagri Pastikan Menyukseskan Penyelenggaraan Pemilu 2024

Kemendagri Pastikan Menyukseskan Penyelenggaraan Pemilu 2024
Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh dalam Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota se-Indonesia di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Foto: dok Kemendagri

jpnn.com, MANADO - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan tujuh arahan penting untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Arahan yang disampaikan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh itu merupakan fokus Kementerian Dalam Negeri berlandaskan komitmen untuk memajukan layanan kependudukan dan catatan sipil tiap daerah.

Arahan itu dibacakan dalam Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota se-Indonesia di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (8/2) malam.

Kegiatan bertema Digitalisasi Adminduk untuk Pelayanan Publik dan Pemilu 2024 itu adalah rakornas untuk menguatkan komitmen dan menyamakan persepsi jajaran dukcapil dari pusat hingga ke daerah guna mendukung kemudahan pelayanan publik dan penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Mendagri juga meminta tidak ada pungli, permudah pelayanan, perbaiki sumber daya manusia, mentalitas, integritas dan kompetensi, salah satunya mengembangkan talent digital, ciptakan iklim yang kompetitif dengan memberikan reward dan punishment," kata Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh saat membacakan arahan Menteri Tito.

Ketujuh arahan tersebut untuk pembenahan seluruh sistem agar data yang dihasilkan akurat, pempermudah masyarakat mendapatkan layanan pendukcapilan, penggunaan data dukcapil untuk perencanaan pembangunan dan mengeksekusi program-program pemerintahan.

Rakornas juga diharapkan bisa mendorong integrasi dan digitalisasi data kependudukan dengan layanan publik lainnya.

"Jadi kami kumpulkan seluruh kepala dinas dukcapil beserta sekretaris dinas dan kepala bidang di seluruh Indonesia. Kami lakukan konsolidasi secara menyeluruh," ujar Zudan kepada wartawan usai pembukaan rakornas.

Menguatkan komitmen jajaran dukcapil Kemendagri dari pusat hingga ke daerah guna mendukung kemudahan pelayanan publik dan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News