Kemendagri Salurkan Bantuan kepada Korban Bencana Erupsi Gunung Semeru

Kemendagri Salurkan Bantuan kepada Korban Bencana Erupsi Gunung Semeru
Truk tertimbun abu vulkanik erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jatim, Sabtu (5/12). Foto: Dokumen JPNN.com/Ridho Abdullah

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyalurkan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Adapun bantuan tersebut meliputi dua unit motor trail, satu unit genset, dan satu unit pompa air portable.

Selain itu, ada pula bantuan 300 unit perlengkapan tidur, 600 perlengkapan ibadah, 99 perlengkapan makan, 15 dus perlengkapan bayi, 42 dus makanan dan minuman, tujuh dus pakaian, empat dus perlengkapan wanita, dan masker kain.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan erupsi Gunung Semeru pada 4 Desember lalu menimbulkan banyak korban dan kerusakan.

Dengan begitu, lanjut Tito, semua pihak berkolaborasi melakukan penanganan, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

“Masih cukup banyak pekerjaan yang harus dikerjakan, terutama bagi mereka yang keluarganya meninggal, apalagi kalau tulang punggung keluarga meninggal. Diberikan bantuan oleh pemerintah sebagai bentuk negara hadir,” kata Tito, Rabu (15/12).

Untuk itu, Kemendagri ikut memberikan dukungan yang menyangkut pembinaan administrasi wilayah dan hilangnya dokumen-dokumen kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil) akibat bencana.

“Saya paham bahwa Dirjen Dukcapil langsung mengirim tim ke Lumajang, kemudian melakukan pendampingan kepada Dinas Dukcapil untuk mengurus dokumen-dokumen yang hilang," ujar Tito.

Kemendagri menyalurkan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News