Kemendagri Segera Selesaikan Temuan BPK dan APIP

Kemendagri Segera Selesaikan Temuan BPK dan APIP
Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri melakukan rapat koordinasi di lingkungan internal dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) pada Kamis (29/9). Foto: Itjen Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan akan menyelesaikan temuan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri langsung melakukan rapat koordinasi di lingkungan internal dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) pada Kamis (29/9).

Rakor yang diselenggarakan di Kantor Inspektorat Jenderal Kemendagri, Jakarta itu dihadiri oleh Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN), Sekretaris BNPP, dan para pejabat Kemendagri dan BNPP.

Dalam sambutannya, Irjen Kemendagri Tomsi Tohir meminta seluruh jajarannya dan BNPP untuk bersama-sama berkomitmen dan serius menuntaskan temuan APIP dan BPK secara tepat waktu, yakni 60 hari sejak LHP diterima.

Pada semester I 2022, terdapat 367 rekomendasi BPK pada Kemendagri dan 30 pada BNPP.

Atas rekomendasi BPK tersebut telah ditindaklanjuti Kemendagri dan BNPP cukup signifikan serta berkomitmen paling lambat pada November 2022 tuntas.

Dua lembaga itu ingin mencapai target 95 persen.

Berkat kinerja tersebut, Kemendagri dan BNPP meraih opini WTP atas Laporan Keuangan BPK RI sebanyak delapan kali berturut-turut sejak 2014 hingga 2021.

Irjen Kemendagri meminta seluruh jajarannya untuk segera menyelesaikan TLHP pada tahun-tahun sebelumnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News