Kemendes Buka Posko Tampung Dua Ribu Pengungsi Palu

Kemendes Buka Posko Tampung Dua Ribu Pengungsi Palu
Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo saat meninjau posko tanggap bencana di Balai Diklat Transmigrasi, Jalan M Yamin 21, Palu, Senin (1/10). Foto: Kemendes P

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo optimistis posko korban gempa yang didirikannya bisa menampung dua ribu pengungsi.

“Kemendes PDTT telah membuka posko penampungan pengungsi di Balai Transmirasi di Kota Palu. Lokasinya dekat dengan bandara. Posko tersebut dibantu juga oleh beberapa perusahaan swasta dan BUMN," kata Eko dalam keterangan yang diterima.

Menurut Eko, posko pengungsi Kemendes PDTT tersebut dikelola oleh puluhan pegawai Kemendes PDTT, ratusan pendamping desa, pegawai perusahaan swasta dan tenaga medis.

Eko juga meminta kepada seluruh pendamping desa khususnya wilayah Sulawesi dan sekitarnya bisa membantu posko pengungsi di Palu.

“Para pendamping desa di Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, yang bisa membantu mohon membantu posko pendamping desa yang diprakasai oleh pendamping desa Sulawesi Tengah,” kata dia.

Dalam posko pengungsi Kemendes PDTT tersebut, akan dibangun kembali sebanyak 12 tenda utama yang terletak di halaman Balai Transmigrasi Kota Palu.

Sebelumnya, tim posko telah mengidentifikasi kebutuhan masyarakat korban bencana yang akan didistribusikan langsung dari Makassar.

Adapun pemenuhan kebutuhan dan distribusi logistik tersebut dikoordinasi langsung oleh Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kemendes M Nurdin.

Kemendes PDTT telah membuka posko penampungan pengungsi di Balai Transmirasi di Kota Palu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News