Kemendikbud Janji Tetap Independen

Kemendikbud Janji Tetap Independen
Kemendikbud Janji Tetap Independen
JAKARTA - Per tanggal 14 Agustus depan Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar S. Somantri resmi mengundurkan diri. Sebagai gantinya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menunuk Dirjen Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Djoko Santoso sebagai Pjs rektor UI menggantikan Gumilar. Kemendikbud berjanji tidak akan mengintervensi pemilihan rektor baru UI masa jabatan 2012-2017.

Seperti santer diberitakan, motivasi utama Gumilar berhenti pada 14 Agustus nanti adalah supaya dia bisa maju lagi menjadi rektor UI untuk periode kedua. Namun secara resmi, pengunduran ini duganakan sebagai upaya untuk menjaga integritas dan independensi proses pemilihan rektor UI yang baru nanti.

Mendikbud Mohammad Nuh usai mengunjungi proyek rehab ruang kelas rusak berat di Kab. Bogor kemarin menuturkan jika penunjukkan Djoko Santoso sebagai Pjs rektor UI sudah sesuai dengan persayaratan yang diminta Majelis Wali Amanat (MWA) UI. "Diantaranya mintanya adalah pejabat eselon satu, guru besar, dan pernah menjadi rektor," ujar Nuh.

Dia menambahkan jika pengalaman Djoko Santoso memimpin ITB, cukup layak untuk menjadi Pjs rector UI. "UI dan ITB saya rasa setara," tutur menteri asal Surabaya itu.

JAKARTA - Per tanggal 14 Agustus depan Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar S. Somantri resmi mengundurkan diri. Sebagai gantinya, Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News