Kemendikbudristek Genjot Lulusan Doktor Lewat Beasiswa PMDSU

Kemendikbudristek Genjot Lulusan Doktor Lewat Beasiswa PMDSU
Direktur Sumber Daya Ditjen Diktiristek Mohammad Sofwan Effendi. Foto Humas Diktiristek Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbudristek terus menggenjot program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU).

Program yang sudah dilaksanakan sejak 2013 itu merupakan beasiswa bagi sarjana unggul untuk melakukan percepatan pendidikan menjadi lulusan doktor dalam waktu empat tahun. 

Mereka dibimbing oleh promotor handal baik berdasarkan rekam jejak penelitian maupun pendidikan. Hingga kini, peserta PMDSU telah memasuki angkatan keenam (batch VI).

Direktur Sumber Daya Ditjen Diktiristek Mohammad Sofwan Effendi menjelaskan bahwa Indonesia harus bangkit dengan beasiswa supaya rasio antara penduduk dengan yang berkualifikasi S-2 dan S-3 makin sedikit.

Dia menyebutkan Ditjen Diktiristek menjadi satu-satunya lembaga yang bisa menyelenggarakan doktor dalam empat tahun. 

PMDSU menjadi program terobosan untuk dapat mempercepat lahirnya doktor muda Indonesia. Sofwan menyebut, tahun depan Ditjen Diktiristek mendapat alokasi beasiswa PMDSU dua kali lipat dari saat ini sebanyak 300 penerima.

"Empat tahun lulus doktor maka akan cepat mencapai 2035 dengan kondisi SDM yang unggul. Hal tersebut merupakan keuntungan bagi Indonesia dengan dihuni anak-anak pintar dan cerdas yang siap berkontribusi di berbagai bidang," ujar Sofwan, Selasa (15/11).

Sofwan berharap para penerima beasiswa PMDSU ini selain memiliki kecerdasan otak dan intelektual, juga memiliki karakter dan integritas yang baik.

Percepat lulusan doktor Kemendikbudristek memperbanyak beasiswa PMDSUyang sasarannya sarjana unggul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News